Opini  

Pelaku UMKM Harus Berbenah Diri dengan Memanfaatkan Digitalisasi

Cecep Muhidir, MBA

Catatan Cecep Muhidir, MBA *)

 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan UMKM yang dinilai cukup pesat. UMKM di Indonesia telah menjadi bagian penting dalam perekonomian negara. Hal ini disebabkan karena jumlah UMKM lebih banyak dari pada usaha yang berskala besar dan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak serta mampu mempercepat proses pemerataan sebagai bagian dari pembangunan.

Di era teknologi digital seperti sekarang ini, pelaku UMKM harus berbenah diri, dengan memanfaatkan digitalisasi untuk menjangkau  lebih banyak konsumen dan meningkatkan pelayanan.

Ada banyak jenis digitalisasi yang bisa UMKM lakukan, diantaranya dalam bidang pemasaran, keuangan, pelayanan, hingga pergudangan. Penggunaan teknologi digital pada bidang-bidang tersebut terbukti bisa meningkatkan efisiensi bisnis dan potensi keuntungan.

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh ? Dikutip kinerjaekselen.co dari umkmindonesia.id,  berikut ulasannya.

Efisiensi Operasional

Penerapan digitalisasi akan meningkatkan efisiensi operasional. Hal tersebut disebabkan karena akan banyak proses bisnis yang bisa diintegrasikan melalui berbagai aplikasi teknologi. Misalnya, menghitung persediaan barang dengan menggunakan sistem manajemen inventaris atau mencatat transaksi atas kegiatan bisnis melalui aplikasi akuntansi digital. Dengan demikian, para pelaku usaha dapat menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan.

Meningkatkan Produktivitas Usaha

Penggunaan sistem manajemen usaha akan membuat usaha menjadi lebih produktif. Hal ini dikarenakan, keseluruhan proses bisnis bisa di otomatisasi dengan diterapkannya teknologi cloud. Aktivitas usaha pun bisa dipantau secara real time. Oleh karenanya, Sahabat Wirausaha bisa lebih cepat dalam pengambilan keputusan perusahaan termasuk dalam melakukan ekspansi usaha.

Meningkatkan Kualitas Usaha

Keuntungan lainnya dari digitalisasi UKM adalah membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Digitalisasi akan membentuk reputasi dan kepercayaan pelanggan terhadap produk kita. Melalui digitalisasi, para pelanggan akan dengan mudah memberikan masukan terhadap produk maupun pelayanan usaha. Untuk menjaga reputasi dan kepercayaan pelanggan, perusahaan akan terus menjaga kualitas produk dan pelayanannya. Dengan demikian, kualitas usaha pun akan terjaga untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Mengembangkan Pangsa Pasar

Melalui digitalisasi, Sahabat Wirausaha juga bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas dari sebelumnya. Saat ini, sudah banyak platform online yang bisa melakukan pemasaran, seperti e-commerce dan social media. Dengan menggunakan e-commerce, Sahabat Wirausaha bisa menjangkau pelanggan di berbagai lokasi tanpa harus memiliki toko fisik. Selain itu, melalui digitalisasi juga mendorong UKM untuk menarik perhatian pelanggan baru menjadi pelanggan loyal.

Mempermudah Inovasi dan Diferensiasi

Melalui digitalisasi juga akan memungkinkan UKM untuk memiliki database pelanggan. Sahabat Wirausaha bisa mengumpulkan dan menganalisis tentang perilaku pelanggan, tren pasar, serta kinerja bisnis yang sedang berlangsung.

Dengan demikian, Sahabat Wirausaha akan mampu memberikan inovasi yang lebih cocok dan strategis sesuai kondisi pasar. Selain itu, melakukan diferensiasi produk terhadap kompetitor pun akan lebih mudah melalui informasi yang sudah teridentifikasi.

Semoga bermanfaat dan semakin menambah semangat dan inspirasi pelaku UMKM untuk Go Digital!

*) Penggiat UMKM Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *